Canvanesia – Komunitas Pengguna Canva Indonesia

Tepat pada tanggal 1 Juli ini, akhirnya resmi mengudara sebuah komunitas pengguna canva untuk kawasan Indonesia.

Mungkin ini adalah satu satunya komunitas yang manjadi wadah untuk para canvasian saling berkumpul dan berbagi segala hal tentang canva, termasuk menampilkan karya karya mereka di sosial media.

Apa Itu Canva? Gambaran Sekilas

Pada dasarnya, Canva adalah platform online yang menyederhanakan proses desain semua jenis materi visual dalam beberapa kategori utama:

  • Media sosial: Ini jelas merupakan kategori template yang paling banyak digunakan di Canva – semuanya untuk akun Facebook, Instagram, YouTube, dan Pinterestmu, termasuk berbagai macam grafis untuk post (seperti thumbnail) dan profil (seperti gambar latar belakang).
  • Identitas: Meskipun bukan tool pembuat logo, Canva menawarkan sarana untuk membuat logo brand dengan cepat, dengan ribuan gambar jadi yang bisa kamu gunakan sebagai titik awal.
  • Bisnis: Kategori ini meliputi presentasi, tagihan, proposal, sertifikat, resume, dan banyak template berguna lainnya untuk semua tujuan bisnis.
  • Informasi: Canva menyederhanakan proses membuat poster dan infografis yang tampak profesional. Templatenya membantumu menyusun pesan dan menampilkan data dengan format yang jelas dan mudah dipahami.
  • Printable: Selain gambar digital, ada template siap pakai untuk hal-hal fisik, seperti undangan, pamflet, brosur, menu, dan lainnya. Bagian terbaiknya? Kamu bisa memesan materi cetak dari Canva dan menerima barangmu di depan pintu dalam waktu seminggu!
  • Sehari-hari: Canva juga bermanfaat di luar kantor. Misalnya, saat kamu ingin membuat desain cantik untuk dirimu sendiri dan orang-orang terdekat – kalender, kartu pos, dan kolase foto.

Dan ya, semua itu tersedia dalam versi gratis Canva. Lalu, apa gunanya membayar untuk Canva Pro?

Canva Pro vs Canva Gratis

Ketika membuat desain dengan Canva, kamu mungkin melihat ada beberapa template yang ditutupi dengan garis-garis diagonal –

Untuk menghilangkan garis-garis itu, kamu harus memilih gambarnya dan mengeklik tombol “hapus watermark” di pojok kanan bawah:

Canva Pro watermark

Akan muncul jendela yang menunjukkan harga untuk gambar premium itu… dan kita pun sampai di bagian penting pertama dari penawaran Canva Pro:

  • Dengan biaya bulanan tetap, Canva Pro memberimu akses ke koleksi lengkap yang terdiri dari 60+ juta gambar premium tanpa biaya tambahan, baik di dalam template maupun sebagai gambar terpisah.

Kalau kamu sering menggunakan Canva, pilihan ini mungkin lebih murah (dan tidak merepotkan) daripada membayar setiap kali kamu harus menghilangkan watermark.

Tentunya, ini bukan satu-satunya fitur dari Canva Pro – hanya saja, ini fitur yang paling menonjol.

Bagaimana dengan keuntungan lainnya? Yang pertama,

  • Selain gambar, versi Pro membuka semua komponen desain premium lainnya, termasuk ilustrasi, ikon, latar belakang, musik, dan video.

Fitur ini sangat berguna, tapi bukan sesuatu yang unik. Lalu, apa yang sebenarnya membuat Canva Pro mampu meningkatkan produktivitasmu? Fitur-fitur brandingnya!

  • Dengan Brand Kit, kamu bisa mengatur logo perusahaan, warna, dan fontnya dengan single space – sehingga bisa digunakan secara otomatis untuk setiap desain baru yang kamu buat:
Canva Brand Kit

Ini sangat membantu jika kamu rutin membuat post dengan branding untuk satu kanal sosial atau lebih – apalagi untuk semua jenis desain yang sudah kami jelaskan di bagian sebelumnya dalam panduan ini.

Folder tak terbatas (maksimum 2 folder untuk versi gratis) dan ruang penyimpanan yang 100x lebih besar (1 Gb untuk versi gratis) membuat Brand Kit Canva makin fleksibel.

Terakhir, ada set fitur ketiga di Canva Pro yang bisa kita sebut sebagai “tongkat sihir” –

  • Tool pengeditan premiumnya secara otomatis membuat animasi dan mengubah ukuran gambarmu, serta menghasilkan gambar PNG dengan latar belakang transparan.

Auto-resizer otomatis ini merupakan fitur yang menarik, tapi favorit kami adalah animatornya, sehingga kamu bisa langsung mengubah gambar menjadi video atau GIF yang menarik:

Canva Pro animations

Oke, ayo kita ringkas –

Canva Pro menawarkan 3 set fitur yang bisa dikategorikan secara umum menjadi komponen desain premium, peningkatan produktivitas, dan tool lanjutan.

Kebanyakan fiturnya bermanfaat (dan beberapa luar biasa). Tapi, sebelum kita bisa menyimpulkan apakah Canva Pro layak dibeli atau tidak, kita juga harus melihat faktor lainnya –

Berapa Harga Canva Pro?

Kamu bisa melakukan upgrade ke Pro dengan US$12.95 per bulan (atau US$119.4 per tahun, yang setara dengan US$9.95 per bulan untuk tagihan tahunan).

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai